Header Ads

Jaga Malam, Tips Komunikasi Sosial Antar Warga Perum Graha Indah Krapyak


Komunikasi merupakan hal mendasar dan sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena dengan komunikasi manusia sebagai makhluk sosial akan mendapatkan tempatnya. Komunikasi terjadi di setiap tempat dan setiap waktu. Komunikasi ini pun terjadi dengan berbagai cara dan metode. Dengan komunikasi manusia dapat bertukar ide, gagasan, pemikiran, dan mengeluarkan “uneg-uneg” atau harapan kepada orang lain.

Komunikasi di masyarakat
Dalam berkehidupan di masyarakat. Komunikasi sangat diperlukan, bahkan walaupun seseorang mempunyai kekurangan seperti tidak dapat berbicara atau tidak dapat mendengar, mereka masih tetap butuh berkomunikasi. Dengan komunikasi seseorang akan merasa lebih hidup, bayangkan jika manusia tidak berkomunikasi sama sekali, maka orang tersebut akan merasa tertekan, dikucilkan, dan akhirnya mengalami stress.

Sebagai warga masyarakat, komunikasi antar warga sangatlah diperlukan. Karena komunikasi yang intens di masyarakat akan menyebabkan lingkungan menjadi terasa nyaman dan aman. Dalam bertetangga alangkah baiknya jika kita menjaga komunikasi dengan tetangga dekat maupun tetangga jauh, baik itu menyapa jika bertemu, ketika bertemu di tempat lain, ataupun dapat mengetahui apabila tetangga sedang mengalami suatu hal. Dengan demikian orang lain juga akan berkomunikasi dengan baik kepada kita.

Masalah Komunikasi
Cara manusia berkomunikasi telah banyak mengalami perubahan. Pada jaman dahulu berkomunikasi secara langsung, sekarang telah hadir teknologi dan jejaring sosial, yang telah mengubah cara berkomunikasi dan berinteraksi antar manusia. Namun hal tersebut tidak mengubah dari arti komunikasi.

Karena cara berkomunikasi telah berubah, permasalahan komunikasi juga berubah. Pada jaman dahulu masalah komunikasi adalah pada jarak dan waktu, sekarang jarak da waktu bukanlah penghambat komunikasi. Akan tetapi muncul masalah lain, yaitu manusia lebih suka cenderung berkomunikasi menggunakan media elektronik atau dunia maya daripada berkomunikasi secara langsung, yang mana ini tetap merupakan suatu komunikasi tetapi tidak bertatap muka secara langsung.

Komunikasi tanpa tatap muka merupakan hal yang biasa pada era teknologi. Cara komunikasi seperti ini berpengaruh pada sebagian orang terhadap sifat-sifatnya, seperti halnya manusia lebih suka untuk bermain handphone sendiri-sendiri saat berkumpul dengan teman-teman. Untuk itu perlu adanya perubahan agar komunikasi menjadi lebih smart. Komunikasi antar warga yang smart adalah berkomunikasi dengan mengoptimalkan teknologi akan tetapi tanpa meninggalkan komunikasi secara langsung, berkumpul dengan warga lingkungan, ataupun mengobrol dan bercanda bersama teman-teman secara langsung tanpa mengunakan me

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.